ME!

Sabtu, 20 September 2014

Komunikasi Data



Kata Pengantar

Puji dan syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, rahmat, serta petunjuk   sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah  “KOMUNIKASI DATA”  ini dapat terselesaikan.
Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. Materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi. Serta siswa juga dapat memahami nilai – nilai dasar yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak.
Mudah-mudahan dengan mempelajari makalah ini, para siswa akan mampu menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam belajar Teknologi Infomasi dan Komunikasi. Dan dengan harapan semoga siswa mampu berinovasi dan berkreasi dengan potensi yang dimiliki,
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan  dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.
Demikian makalah ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesarbesarnya.








BAB I
PENDAHULUAN
1. 1.    Latar Belakang
Dalam Makalah ini, penulis akan membahas mengenai hal-hal yang terkait dengan Komunikasi Data, pengertian,  jenis-jenisnya,  ragam komunikasi data, Jaringan komputer, klasifikasi jaringan, dan topologi jaringan. Penulis akan membahasnya secara berurutan sesuai dengan sumber informasi yang ada. Kami akan coba sedikit menjelaskan tentang isi dari makalah ini.
Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi data hingga saat ini sekimakin canggih serta beragam jenis komunikasi yang kita pergunakan. Agar dapat mempermudah berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki jarak yang jauh dengan kita, serta dengan bebas kita dapat memilih salah satu atau lebih dari berbagai jenis komunikasi data.
Telah kita ketahui bahwa komunikasi data serta jaringan komputer yang kita pergunakan sehari-hari, telah berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Dengan berkembangnya komunikasi data dan jaringan komputer tersebut dapat mempermudah pekerjaan yang memang behubungan dengan makalah ini.











Daftar Isi

Kata pengantar............................................................................................................   1
PENDAHULAN
Latar belakang.................................................................................................   2
Daftar isi..........................................................................................................   3
PEMBAHASAN
            Komunikasi data..............................................................................................   4
            Jaringan komputer...........................................................................................   9
PENUTUP
            Kesimpulan.....................................................................................................   14
            Saran...............................................................................................................   14
            Daftar pustaka.................................................................................................   14













BAB II
PEMBAHASAN

II. 1     Komunikasi Data
Komunikasi adalah “suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok,organisasi dan masyarakat menciptakan ,dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.Pada umum nya, komunikasi di lakukan secara lisan atau ferbal yang dapat di mengerti oleh ke dua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat di mengerti oleh kedua nya, komunikasi masih dapat di lakukan dengan menggunakan gerak gerik badan, menunjuk kan sikap tertentu, misalnya tersenyum menggelengkan kepala, mengangkat bahu cara seperti ini di sebut komunikasi dengan bahasa non vebal. Data adalah catatan atau kumpulan fakta.
Data merupakanbentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti “sesuatu yang di berikan. Dalam penggunaan sehari­­-hari data berarti suatu pernyataan yang di terima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuk nya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/leptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas,seperti internet
Secara umum ada dua jenis komunikasi data yaitu :
Melalui infrastruktur teresterial
            Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuh kan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), frame relay, VPN Multiservice dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP)
Melalui satelit
            Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang di cakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan di bangunnya infrastruktur teresterial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.




A.    RAGAM KOMUNIKASI DATA
1.      Komunikasi Audio
Komunikasi Audio adalah komunikasi yang menggunakan lambang verbal atau bahasa yang digunakan secara lisan.
Prinsip Komunikasi Audio
·         Kata-kata adalah simbol dari hal-hal nyata tetapi bukan hal itu sendiri
·         Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata
·         Semua hal mengalami perubahan yang tetap adalah perubahan itu sendiri
·         Hindari orientasi yang bersifat kaku
2.      Komunikasi Video
Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal adalah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas, suara, gaya emosi, dan gaya bicara.

JENIS-JENIS KOMUNIKASI NONVERBAL
a.       Komunikasi Objek
Komunikasi Objek yang paling umum adalah penggunaan pakaian. Contoh dari penggunaan kominikasi objek adalah seragam.
b.      Sentuhan
Haptik adalah bidang yang mempelajari sentuhan sebagai komunikasi nonverbal. Sentuhan dapat termasuk : bersalaman, berciuman, mengelus-elus dan lain-lain. Sentuhan dapat menyebabkan suatu perasaan pada sang penerima sentuhan, baik positif ataupun negatif.

c.       Kronemik
Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. Banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta kecepatan waktu tertentu (puncduality).

d.      Gerakan Tubuh
Gerakan tubuh meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan sikap tubuh. Gerakan tubuh digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frasa; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan; untuk mengatur atau mengendalikan jalannya perasaan; atau untuk melepaskan ketegangan.

e.       Proxemik
Proxemik atau bahasa ruang, yaitu jarak yang Anda gunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain, termasuk juga tempat atau lokasi posisi Anda berada. Dalam ruang personal, dapat dibedakan menjadi 4 ruang interpersonal :

·         Jarak intim
Jarak dari mulai bersentuhan sampai jarak 1,5 kaki biasanya jarak ini untuk bercinta, melindungi, dan menyenangkan.
·         Jarak Personal
Jarak yang menunjukan perasaan masing-masing pihak yang berkomunikasi dan juga menunjukan keakraban dalam suatu hubungan, jarak ini berkisar antara 1,5 kaki sampai 4 kaki.
·         Jarak sosial
Dalam jarak ini dalam jarak ini pembicaran menyadari betul keadiran orang lain, karena itu dalam jarak ini pembicaraan berusaa tidak mengganggu dan menekan orang lain, kenberadaannya terlihat dari pengaturan jarak antara 4 kaki hingga 12 kaki.
·         Jarak publik
Jarak publik yakni berkisar antara 12 kaki sampai tak terhingga

f.       Vokalik
Vokalik atau  paralanguage adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara bicara. Ilmu yang mempelajari hal ini disebut  paralinguistik. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, kerasnya volume, kecepatan bicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain.

g.      Lingkungan
Diantaranya adalah penggunaan ruang jarak, temperatur, penerangan, dan warna.

3.      Komunikasi Audio Video
Komunikasi Audio visual adalah komunikasi yang digunakan melalui penggunaan indara penglihatan dan pendengaran.
Teknologi Audio Visual merupakan cara memprodiksi dan menyampaikan bahan dengan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio visual.

Karakteristik teknologi Audio-visual :
·         Bersifat linear (lurus)
·         Menampilkan visual yang dinamis
·         Cenderung merupakan bentuk refresentasi fisik dan gagasan yang riil dan abstrak
·         Dikembangkan berdasarkan psikologi tinngkah laku dan kognitif
·         Kurang memperhatikan interaktivitas peserta belajar



Data adalah Fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenytaan, simbol-simbol.
Data analog diperoleh dari nilai-nilai yang bersifat continous dalam beberapa interval. Contoh : suara,video. Data digital didapat dari nilai-nilai yang discreate. Contoh : text.
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk pengambilan kesimpulan.
a.      Komunikasi Data
Komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan penerimaan) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas

Komponen komunikasi data:
a.Pengirim, perangkat yang mengirimkan data
b. Penerima, perangkat yang menerima data
c. Data, informasi yang dikomunikasikan
d. Media pengiriman, media atau perantara yang digunakan untuk melakukan pengiriman      data
e. Protocol, aturan-aturan yang berfungsi sebagai penyelaras hubungan

Jenis Komunikasi data
Ada 2 buah jenis komnikasi data yang dapat dibedakan sesuai media penghubungnya, yaitu:
1.      Melalui alat (device)
Menggunakan media kabel dan nierkabel sebagai jalur akses. Komunikasi data jenis ini membutuhkan biaya yang cukup banyak. Contoh: Sambungan komunikasi data paket (SKDP).

-          Media Kabel
a. Kabel koaksial.
b. Kabel serat optik (Fiber Optic)
-          Media Nierkabel
a. Microwave
b. Gelombang radio
c. Infrared



2.      Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai jalur akses. Biasanya jangkauan yang dapat dicakup lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak mungkin terjangkau melalui alat (device), namun waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses komunikasi lebih panjang.



·         Satelit dapat berguna sebagai:
- Penerima
- Penguat
- Pengirim
·         Jenis – jenis satelit yang diketahui:
- GEO. Terletak 22.300 mill diatas permukaan bumi.
- MEO. Terletak 6.000 mill diatas khatulistiwa.
- LEO. Terletak 400-600 mill diatas permukaan bumi.

Signal
a.       Signal analog
Gelombang elektro magnetik kontinous yang disebar melalui suatu media, tergantung pada spektrumnya.
b.      Signal digital
Serangan tegangan yang dapat ditransmisikan melalui suatu medium kawat. Tersusun atas 2 keadaan yang disebut “bit”, yaitu keadaan 1 yang berarti aktif dan 0 nonaktif.

Konfigurasi Jalur Komunikasi
Merupakan bagaimana cara perangkat – perangkat yang hendak berkomunikasi dihubungkan
a.       Point-to point
Mengubungkan hanya 2 buah perangkat komputer yang hendak berkomunikasi
b.      Multipoint
menghubungkan lebih dari 2 buah perangkat komouter yang ingin berkomunikasi

Sistem Transmisi
Menurut ANSI (America Natioal Standart Information), terdapat 3 perbedaan arah transmisi, yaitu:
a.       Simplex, hanya mentransmisikan signal dalam 1 arah saja.
b.      Half-duplex, kedua pemancar dapat bertindak sebagai transmiter ataupun Reciver, tetapi tidak dapat dilakukan secara bersamaan (bergantian)
c.       Full-duplex, hampir sama dengan half-duplex, namun kedua pemancar dapat melakukan pemancar dapat melakukan pengiriman ataupun pengiriman secara bersamaan,tanpa harus bergantian.

1.      Transmisi analog
adalah cara pentransmisian analog,signal-signal analog tanpa harus memperhatikan muatannya, apakah berupa data analog atau digital.

2.      Transmisi digital
Adalah kebalikan dari transmisi analog, yaitu cara pentransmisikan signal-signal digital dengan memperhatikan muatannya, apakah berupa data digital atau analog.untuk jarak jauh digunakan repeater yang akan memulihkan signal yang lemah,sehingga tidak terjadi kegagalan atau penyimpangan.

Multiplexing
Adalah proses pengiriman sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi.
Keuntungan Multiplexing:
-          Komputer host hanya butu satu port 1/0 untuk banyak terminal.
-          Hanya dibutukan satu line transmisi

1.      Frequency-Devision Multiplexing (FDM).
Digunakan pada media komunikasi jalur lebar (boardband), yaitu sebuah media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk.
Contoh: Digital voice.
2.       Time-Devicion Multiplexing (TDM)
kebalikan dari FDM, digunakan untuk media komunikasi jalur sempit (baseband), yaitu media komunikasi yang hanya memiliki satu line transmisi
Untuk meningkatkan efesiensi TMD dilakuakn variasi:
a.Statistical TDM
b.Asyncronous TDM
c.intelligent TDM


b.      Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer.dua buah computer atu lebih dikatakan terhubung apabila keduanya dapat saling bertukar informasi.
>>>Manfaat penggunaan jaringan komputer:
1.      Berbagi perangkat keras
2.      Berbagi program maupun data
3.      Mendukung kecepatan komunikasi
4.      Memudahkan pengaksesan komunikasi

Klasifikasi Jaringan Komputer:

A.    local area network (LAN)
Jaringan komputer yang hanya mencakup area yang sempit,seperti gedung,atau beberapa gedung yang berdekatan.
-          client/server
Client adalah pengakses data,sedangkan server yang memberikan data.
-          peer to peer
Pengakses data hanya dapat dilakukan pada satu komputer saja.

B.     Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan komputer yang mencakup geografi sebuah kota.merupakan pembesaran dari LAN. Dapat mencakup area sekitar 10-15 km.

C.     Wide AreaNetwork (WAN)
Mencakup geografis yang luas,misalnya sebua negara atau benua.

Topologi jaringan komputer.
Merupakan bentuk jaringan dimana komputer terhubung. Topologi menerapkan layout dari perangkat keras sebuah jaringan.
1.      Linier Bus
Semua simpul-simpul komputer dihubungkan melalui kabel yang disebut dengan bus ke dalam sebuah jaringan.
2.      Ring
Informasi yang di kirimkan oleh sebuah komputer,akan melewati satu komputer ke komputer berikutnya secara melingkar searah jarum jam.
Topologi ring umumnya digunakan didalam jaringan token ring dan fiber distributed data interface  (FDDI) yang banyak digunakan di kampus-kampus atau gabungan gedung-gedung untuk menciptakan sebuah jaringan tulang punggung(backbone) berkecepatan tinggi.
3.      Star
Memiliki komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol komunikasi yang disebut dengan konsertrator.
o   Ada dua buah jenis konsertrator :
a.       HUP,dipecah sebanyak jalur yang terhubung.
b.      Switch,dikirim secara utuh.

Protokol komunikasi.
Adalah sebuah aturan yang mendefisinikan fungsi-fungsi yang terdapat dalam jaringan komputer,misalnya mengirim pesan,data,informasi,agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik,walaupun sistem pada kedua buah jaringan berbeda. Standar protokol yang terpopuler sampai saat ini yaitu (OPEN SYSTEM INTERCONNECTING)yang telah ditentukan oleh ISO(International Standart Organization).

à   Komponen protokol
1.      Aturan dan prosedur.
-          Mengantur pembentukan /pemutusan hubungan.
-          Mengatur proses pengiriman data.
2.      Format atau bentuk.
-          Representasi pesan.
3.      Kosakata.
-          Jenis pesan dan makna masing-masing pesan.


à   Fungsi protokol
Secara umum protokol mempunyai fungsi untuk menghubungkan penerima dan pengirim dalam berkomunikasi serta agar komunikasi yang terjadi dapat berjalan dengan baik.
1.      Fragmentasi dan reassembly.
Berfungsi membagi informasi yang  kirim menjadi beberapa paket data pada saat pengirim mengirimkan informasi, dan pada saat diterima oleh penerima akan digabungkan lagi menjadi paket informasi yang lengkap.

2.      Encaptulation.
Berfungsi melengkapi informasi yang dikirim kan dengan addres (alamat pengirim), serta kode-kode kreasi lainnya.

3.      Connection.
Berfungsi membangun hubungan komunikasi antara pengirim dan penerima termasuk hal pengiri,m data dan pengakhiran hubungan (connecting).

4.      flow control.
Berfungsi sebagai pengatur berjalannya data itu informasi yang dikirim kan dari pengirim ke penerima.

5.      Eror Control.
Berfungsi mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada saat pengiriman data, baik pada saat dikirimkan maupun saat data diterima.

6.      Transmission Service.
Berfungsi memberikan layanan komunikais data, terutama yang berkaitan dengan orioritas dan keamanan serta perlindungan data.

à   Standarisasi Protokol (ISO 7498)
Terdiri dari 7 lapisan (layer) yang mendefinisikan fungsi-fungsinya. Tiap-tiap layer terdiri atas beberapa protokol yang berbeda, dan masing-masing nya menyediakan pelayanan yang sesuai dengan fungsi layer tersebut.
1.      Fisik.
Karakteristik perangkat keras yang mentransmisikan signal data. Menjamin pengiriman data dalam bentuk deretan bit melalui media transmisi dari satu simpul kesimpul lainnya.
2.      Datalink
Pengiriman data melalui jaringan fisik. Menjamin blok data yang mengalir kelapisan jaringan benar-benar bebas dari kesalahan.
  
-          Sinkronisasi frame : data dikirim dalam blok-blok yang disebut frame, awal dan akhirnya harus didefinisikan secara jelas.
-          Kontrol kesalahan (error- detection) : bit-bit error yang dihasilkan oleh sistem transmisi harus diperbaiki.
-          Kontrol aliran (flow) : pengiriman harus tidak mengirimkan blok-blok pada rate/kecepatan yang melebihi kecepatan penerima.
3.      Jaringan.
Mengatur rute paket data dari simpul pengirim kesimpul penerima dengan mamilihkan jalur-jalur koneksi
-          Routing
-          Pengalaman secara lojik
-          Setup dan clearing (pembentukan dan pemutusan)
4.      Transport
Menyediakan hubungan yang handal antara dua buah simpul yang berkomunikasi.
-          Transfer pesan
-          Manajemen koneksi
-          Kontrol kesalahan
-          Fragmentasi
-          Kontrol aliran
5.      Sesi
Membagi presentasi data kedalam babak-babak. Membentuk, memelihara, dan menghentikan koneksi antara dua buah aplikasi yang sedang berjalan pada simpul-simpul yang berkomunikasi.
-          Kontrol dialog dan sinkronisasi
-          Hubungan antara aplikasi yang berkomunikasi
6.      Presentasi
Rutin mempresentasikan data.
-          Negosiasi sintaksis untuk transfer
-          Transformasi representasi data (pengonfersian pesan)
7.      Aplikasi
Menyedikan layanan komunikasi dalam bentuk program aplikasi.
-          File transfer dan metode akses
-          Pertukaran pekerjaan dan manipulasi
-          Pertukaran pesan
-          Berbagai perangkat keras.
-          Berbagai program maupun data.
-          Mendukung kecepatan berkomunikasi.
-          Memudahkan pengaksesan informasi.


















































BAB III
PENUTUP
III. 1    Kesimpulan
            Berdasarkan pemaparan di atas, dapat dipahami bahwa komunikasi data sangat kita perlukan dalam kehidupan kita sehari-hari.



III. 2    Saran
            Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, kami berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang dapat membangun makalah ini.











Daftar Pustaka



www.Komunikasi-data.com

1 komentar:

  1. Casino in Downtown Las Vegas - MapYRO
    Casino. Downtown Las Vegas. 과천 출장샵 Casino Information. Hotel. Location. 39 광양 출장샵 East 충청남도 출장샵 Front Street. East Front Street. 부천 출장안마 Las Vegas, NV 89109. 세종특별자치 출장마사지

    BalasHapus